The Dark Side of The Internet

Image

Jika minggu-minggu sebelumnya diskusi dikelas cenderung lebih membahas mengenai sisi positif dari internet minggu ini diskusi yang dilakukan sangat berbeda dari sebelumhya. Minggu ini kita melihat mengenai bagaimana interenet memiliki sisi gelap yang terkadang kita sebagi pengguna nya tidak sadar mengenai hal tersebut. Salah satu hal yang menjadi concern saya dalam menghadapi isu sisi gelap internet adalah mengenai Privasi. Bagaimana kegiatan kita setiap hari pada social networking sites, search engines ataupun kegitan online shopping dapat dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk memenuhi kebutuhannya  tersendiri.

Salah satu contoh hal sederhana adalah bagaimana sistem pengiklanan di internet sekarang ini memiliki teknologi khusus yang merekam profil pola penggunaan internet kita dan dapat dimanfaatkan untuk pemasangan iklan yang disesuaikan dengan hal-hal yang biasa kita buka. Walupun terlihat sederhana, namun sejak sebelum saya mempelajari mengenai ini saya sendiri sudah sangat sadar akan kecenderungan ini, bagaimana pola kegiatan kita dalam internet digunakan oleh pihak-pihak tertentuk, tanpa kita sadari. Dari hasil survey yang dilakukan oleh sileo.com kepada para online consumer , 85% persen dari konsumen menyatakan bahwa pola kegiatan internet mereka digunakan untuk keperluan pengiklanan dan mereka tidak menyatakan keberatan mengenai hal tersebut. Fakta ini menurut saya sangat mengejutkan, karena saya sendiri merasa cukup khawatir mengenai fenomena ini, karena bayangkan saja jika ini terjadi dalam kehidupan nyata ada seseorang yang kita tidak kenal  memperhatikan pola kegiatan kita sehari-hari dan tiba-tiba datang di depan pintu  dengan barang-barang yang menurutnya sesuai dengan selera kita…..bukan kah cukup menyeramkan?

Selain isu pengiklanan, salah satu kasus yang menarik lagi adalah kasus-kasus yang melibatkan social networking sites (SNS). Tidak dapat dipungkiri lagi SNS merupakan suatu hal yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Namun hal yang menghawatirkan adalah bagaimana SNS dapat menjadi media yang menyebabkan kita menjadi seorang korban kejahatan. Beberapa contoh kasus dari cyber crime di Indonesia sendiri dapat kita lihat dalam video ini. Bukan hanya kasus-kasus seperti pada video itu saja, namun kasus cyber bullying juga merupakan salah satu bentuk konsekuensi yang harus dihadapai oleh sebagian orang dengan menggunakan SNS itu sendiri.

Dari beberapa penjabaran diatas dapat kita lihat, bagaimana internet memiliki sisi gelap dibalik segala kecanggihanya yang memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itulah slah satu hal yang saya pelajari sadarkan adalah bahwa dalam menggunakan internet kita harus berpikir secraa jernih, karena pada dasarnya apapun yang kita lakukan dapat terekam dan diketahui oleh banyak orang 🙂

 

* Gambar yang saya gunakan dalam postingan ini bukan merupakan milik saya sendiri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s