Konvergensi media: Sharing is Caring, right?

Ketika sedang mencari inspirasi untuk menyelesaikan tugas mata kuliah konvergensi media,  terpikirkan satu phrase yang mungkin dapat menjelaskan seperti apa konvergensi media itu sendiri, SHARING IS CARING. Menurut beberapa sumber yang saya baca, Sharing is Caring sendiri merupakan frasa yang digunakan untuk menggambarkan situasi dimana kita membagi apa yang kita punya/ketahui untuk orang lain yang kita pedulikan. Istilah sharing is caring ini dapat kita gunakan untuk melihat konvergensi media secara sederhana. Fenomena dimana kita dapat membagi satu konten media kedalam beberapa plartform sekaligus, merupakan tindakan nyata dimana kita seringkali membagi informasi/data yang kita miliki secara mudah dan dapat diakses oleh siapapun yang tertarik dengan informasi/data yang kita miliki. 

Baik secara kita sadari atau tidak kita telah melakukan konvergensi media disetiap harinya. Sebut saja salah satu tindakan yang yang saya lakukan ketika saya bangun pagi ini, setelah menonton sebuah video yang kemudian saya share kedalam beberapa social networking sites yang berbeda-beda diantaranya di Twitter, Tumblr dan Facebook.  Pada satu sisi saya menjadi seorang konsumen konten media, namun disisi lain saya telah menjadi seorang produsen dari konten media itu sendiri. Pembauran definisi konsumen dan produsen inilah salah satu fenomena unik dari lahirnya konvergensi media. Fenomena sharing is caring pada konvergensi media juga dapat kita sambungkan dengan beberapa SNS yang memiliki feature diamana kita dapat membagi musik yang kita dengarkan, buku yang kita baca dan bahkan kita bisa share melalui link  dimana kita memperoleh buku/musik tersebut, sehingga dengan mudahnya pihak yang melihat dan ingin memperoleh lagu atau buku tersebut dapat menemukannya.

Realitas bahwa sekarang ini sangat mudah untuk mengakses berbagi informasi atuaupun data, merupakan sisi postif dari adanya konvergensi media. Contoh yang paling nyata adalah bagaimana saya sebagi seorang fangirl, dapat dengan mudah mengakses informasi dari berbagai platform yang berbeda-beda hanya dengan mengakses Twitter terlebih dahulu. Dengan mengakses Twitter saya dapat menemukan video yotube, halaman web yang memiliki informasi yang saya cari bahkan link untuk mendapatkan baik lagu/buku/film (baik secara legal maupun ilegal). Tidak hanya fans-fans saja yang mendapatkan keuntungan, baik disadari atau tidak dengan gencarnya terjadi proses saling sharing antar fans ini sudah merupakan sebuah bentuk promosi secara gratis, sehingga tidak mengherankan bahwa sekarang ini internet memiliki peran yang sangat besar sebagi media untuk  melakukan promosi (baik yang terencanakan ataupun tidak). After all, sharing is caring right?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s